Jumat, 17 April 2015

Kerugian dan Keuntungan dalam Usaha / Bisnis

Permasalahan Kerugian dan Keuntungan dalam Usaha / Bisnis, disini saya selaku pengamat amatir yang sedang belajar dalam membuat jenis usaha atau berbisnis. Inilah bentuk pemahaman yang saya rasakan saat akan memulai usaha / bisnis, mungkin sebagian orang berkata "Jangan terlalu banyak berpikir dalam melakukan usaha / bisnis, coba jalani saja dulu, nanti bakalan ketemu masalah dan jalan keluarnya sendiri". Memang perkataan tersebut bisa dikatakan benar jika pelaku usaha sudah mendapatkan sedikit banyangan tentang jenis usaha / bisnis yang akan dijalaninya, namun bagaimana permasalahan jika orang seperti saya yang belum paham bayangan ke depannya saat melakukan usaha / bisnis.

Pengusaha Nekat dalam Melakukan Usaha / Bisnis


Tidak sedikit pengusaha yang nekat dalam melakukan usaha / bisnis pada jaman sekarang, tidak paham mengenai seluk beluk usaha / bisnis yang akan dijalaninya namun memiliki modal nekat dengan keyakinan akan menjadi orang sukses dan kaya raya. Namun tidak sedikit pula yang akhirnya stress, bunuh diri, masuk rumah sakit jiwa bahkan dikejar-kejar hutang karena tidak sanggup mengembalikan pinjaman selama menjalankan usaha / bisnis dengan modal nekat tersebut. Tapi tidak perlu risau, karena tidak sedikit pula pengusaha yang sukses dan kaya raya gara-gara modal nekat dalam menjalankan usaha / bisnis.

Modal nekat boleh saja, namun hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh malas belajar, cuek bahkan acuh tak acuh seperti tidak mau tau dengan permasalahan yang akan timbul selama menjalankan usaha / bisnis tersebut. Walaupun masih tergolong pengusaha amatir, bukan berarti bisa dianggap remeh bahkan dipandang sebelah mata. Sebuah perusahaan besar belum tentu mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulannya, namun perusahaan kecil bisa mendapatkan keuntungan yang sama besar dengan sebuah perusahaan besar walaupun tidak pada setiap bulannya.

Kerugian dan Keuntungan dalam Usaha / Bisnis sudah pasti


Seluruh pengusaha ataupun pebisnis sudah pasti ingin mendapatkan keuntungan pada setiap waktunya, namun tidak dapat dipungkiri pada setiap usaha / bisnis akan mengalami kerugian. Terdapat beberapa jenis kerugian yang pasti dialami dalam setiap kegiatan usaha / bisnis, seperti rugi modal, waktu, operasional, kecelakaan dan lain sebagainya. Hal ini layak diperhitungkan agar pengusaha / pebisnis dapat melihat kemana larinya dana keuangan yang digunakan pada setiap bulannya, tidak sedikit usaha / bisnis yang menguntungkan namun mengalami kerugian karena berbagai hal dan lain sebagainya. Disinilah letaknya kekuatan seorang pengusaha / pebisnis dalam memutar keuangan dan pikiran agar perusahaan tetap berjalan minimal tetap berdiri.

Seperti halnya dalam mengeluarkan modal awal pendirian jenis usaha / bisnis, seorang pengusaha sudah dapat dikategorikan mengalami kerugian karena tidak langsung mendapat keuntungan pada saat itu juga. Modal awal sudah pasti diperlukan pada setiap usaha / bisnis yang dijalankan, begitu pula dengan operasional pada awal mula usaha / bisnis dijalankan. Kerugian pertama yang harus didapatkan seorang pengusaha sudah berada di depan gerbang usaha / bisnis yang akan dijalankan, namun harus tetap melihat ke arah depan apakah usaha / bisnis tersebut masih dapat berjalan, minimal berdiri?

Segala jenis keuntungan sudah pasti berada di belakang kerugian, karena segala jenis usaha / bisnis akan menghasilkan kerugian terlebih dahulu melalui modal awal dan operasional usaha / bisnis pada awal mulanya. Bekerja di perusahaan juga termasuk ke dalam jenis usaha / bisnis yang dijalankan oleh seorang karyawan. Hal ini dengan menjual waktunya untuk bekerja di perusahaan tersebut, seberapa berharga waktu seorang karyawan ditentukan oleh kesepakatan awal antara karyawan dan pihak perusahaan. Apakah waktu seorang karyawan dihargai dengan selayaknya oleh pihak perusahaan atau tidak itu tergantung pada masing-masing karyawan. Disinipun terdapat kerugian terlebih dahulu karena harus mengeluarkan biaya sehari-hari untuk bekerja lantas mendapatkan gaji, tidak ada perusahaan yang memberikan gaji terlebih dahulu lantas memberikan pekerjaan kepada karyawannya.

Kerugian dan Keuntungan dalam Usaha / Bisnis
Kerugian dan Keuntungan dalam Usaha / Bisnis

Setiap orang bebas menentukan untuk menjadi pengusaha / pebisnis atau pekerja di perusahaan, karena hal tersebut adalah salah satu kegiatan usaha / bisnis yang sama-sama harus dijalankan secara serius dan bukan main-main. Setiap orang mempunyai pilihannya masing-masing tergantung dari pemikiran, target dan kondisi yang dapat menentukan segalanya. Semoga semua pengunjung yang telah membaca postingan artikel ini menjadi orang-orang yang sukses dengan jalannya sendiri. Karena lebih baik berdiri dengan kaki sendiri daripada berdiri pada pijakan kaki orang lain, sekian dan terima kasih.